Jumat Curhat,Kapolres Wajo: Pertahankan Kultur Budaya Wajo

0

WAJO – Kapolres Wajo AKBP.H.Fatchur Rochman,SH,MH menggelar Jumat Curhat yang bertempat di Warkop Raisa Jl. R.A Kartini Kelurahan Lapongkoda Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.Jumat 27 Januari 2022 pukul 09.50 – 11.50 Wita.

Polres Wajo menggelar Jumat Curhat bersama dengan elemen masyarakat Kabupaten Wajo yang dipimpin langsung oleh Kapolres Wajo AKBP H. Fatchur Rochman, S.H.MH didampingi oleh Waka Polres Wajo Kompol H. Muhtar SE, Kapolsek Tempe AKP Bambang Purwanto, SH., dan seluruh PJU Polres Wajo, dan beberapa elemen masyarakat.

Fatchur Rochman Kapolres Wajo menyampaikan beberapa pesan kamtibmas terkait dengan perkembangan situasi saat ini, baik itu dari kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku-pelaku kejahatan hingga ancaman bencana alam yang saat ini meningkat dengan pesat untuk tetap waspada dari segala ancaman yang mungkin akan terjadi,terangnya.

“Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah kita masing-masing,”ungkap mantan Kasat Lantas PJR Polda Sulsel.

Dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut bertujuan untuk mengetahui keluh kesah ataupun permasalahan yang ada di masyarakat, serta implementasi Polri sebagai Pelindung Pengayom dan pelayan masyarakat, selain itu juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi,imbuh mantan Kapolres Maros.

Kapolres Wajo juga berpesan kepada forum tersebut bahwa tetap pertahankan kultur budaya Kabupaten Wajo yang sudah berjalan dan tidak bertentangan dengan jalur hukum,tuturnya.

Selanjutnya Kapolres Wajo Memberikan beberapa tambahan pada forum tersebut, antara lain :
a. Kehadiran kami disini untuk mencegah terjadinya tindakan – tindakan yang tidak kami inginkan tentunya terkait gangguan kamtibmas.
b. Kami akan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara memberikan nomor hp Kapolres Wajo dan Waka Polres Wajo agar tidak ada jarak antara masyarakat.
c. Kami akan mengoptimalkan kembali membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana alam.
d. Terkait upaya penegakan hukum diupayakan untuk didamaikan dengan cara restoratif justice.
e. Mari kita bersama – sama mendukung program pemerintah baik pusat, Provinsi dan Kabupaten.

Di Jumat Curhat itu,yang bertindak selaku moderator pada forum jumat curhat tersebut yakni Waka Polres Wajo Kompol H. Muhtar SE yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan pertanyaan-pertanyaannya, masukan serta saran hingga keluhannya.

Dari kegiatan tersebut ada beberapa curhatan masyarakat kepada pihak Polres Wajo, yakni ;

a. Sanjaya (Eks. Karyawan BRI)
– Bhabinkamtibmas di Kec. Tempe hanya 4 orang sebaiknya ditambah disetiap kelurahan.
– Agar lampu merah Jalan masuk rumah sakit Lamaddukelleng dipasangi CCTV dikarenakan banyaknya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

b. Narmin (Tokoh Masyarakat Kec. Tempe)
– Agar petugas lalu lintas melakukan pengaturan dipasar mini karna Banyaknya kendaraan parkir dipinggir jalan
– Apabila ada kegiatan keramaian dan Pengalihan arus lalu lintas Agar Sat Lantas melakukan pengaturan dilokasi pengalihan arus.

Adapun tanghapan dari Kasat Binmas Polres Wajo, yakni
a. Bahwa jumlah personil di Polres Wajo tidak memadai untuk mencover disetiap desa.
b. Kami akan memaksimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat apabila ada aduan atau permasalahan di desa / Kelurahan bisa langsung menghubungi kami.

Tanggapan dari Kasat Lantas Polres Wajo , yakni ;
a. Terkait masalah di persimpangan jalanan masuk rumah sakit bahwa kami sudah bersurat ke perhubungan Wajo agar membantu pengadaan CCTV.
b. Terkait pelanggaran lalu lintas anak dibawah umur agar bersama – sama mengingatkan, mengawasi dan memberikan teguran.
c. Bahwa Sat Lantas sudah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait penilangan manual diberlakukan kembali.
c. Terkait curanmor agar masyarakat mengunci motornya dengan baik dan kami hanya bisa mengingatkan dan memberikan himbauan.
d. Terkait Masalah kegiatan dilapangan merdeka dan pengalihan arus kami akan mengupayakan menurunkan personil sat lantas untuk melakukan pengaturan supaya tercipta Kamsebtibcarlantas.
e. Bahwa Kami akan mengaktifkan kembali program Sat Lantas dengan cara memberdayakan PKS (Patroli Keamanan Sekolah).

Serta penyampaian Camat Tempe Supardi S.Sos :
– Kami sangat mengapresiasi dan mendukung program kerja Polres Wajo dengan adanya jum’at curhat ini sehingga masyarakat dapat menyampaikan keluh kesahnya kepada Pimpinan Polres Wajo
– Bahwa setiap ada kegiatan dan permasalahan di Kec. Tempe pasti kami sampaikan kepada Kapolsek agar pernasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Adapun kesimpulan dari Kapolres Wajo, yakni
a. Polres wajo bersama jajaran membuka ruang akses yang seluas-luasnya untuk berkoordinasi dengan masyarakat Kec. Tempe
b. Terkait dengan pemberitaan penculikan anak itu tidak benar hoax dan tetap melakukan monitor serta Patroli cyber crime yang bekerjasama dengan Polda Sulsel
c. Tetap bersinergi dengan Pemerintah dan Tokoh masyarakat, Pemuda dan Agama.
d. Agar bersama – sama menjaga kamtibmas di Wilayah Kab. Wajo.
e. Semoga kegiatan Jumat curhat bisa bermanfaat bagi kita semua.

Dari beberapa curhatan masyarakat yang disampaikan pada forum Jumat Curhat tersebut, Kapolres Wajo bersama PJU pendamping langsung merespon dan menjawab serta memberi solusi dan masukan dari curhatan masyarakat tersebut.

Laporan : Acing Humas

Red-st-Rusmankio

Leave A Reply

Your email address will not be published.