Kasad Dapat Penganugerahan Gelar Kesultanan Buton : Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara

0

SulawesiTerkini.com– Kendari, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman resmi dinobatkan menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah Eks Kesultanan Buton ketika melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin tepatnya di Kendari Provinsi Sultra.

Penobatan tersebut diterima pada acara khusus Penganugerahan Gelar Kehormatan oleh Lembaga Adat Kesultanan Buton yang dilakukan oleh Gubernur Sultra H. Ali Mazi, S.H., bertempat di Aula Serba Guna Rujab Gubernur Prov. Sultra Jl. Suropati Kel. Mandonga Kec. Mandonga Kota Kendari Prov. Sultra. Sabtu, (7/1/2023).

Turut menyaksikan penganugerahan tersebut yakni sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Darat, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., Panglima Pasukan Bagian Timur Kesultanan Buton Laode Muhammad Arsal, sejumlah pejabat utama Kodam XIV/Hasanuddin dan Korem 143/HO serta unsur Forkopimda Provinsi Sultra.

Lembaga Adat Kesultanan Buton Laode Muhammad Arsal dalam membacakan nama dan gelar kepada Kasad bahwa gelar yang didapatkan Bapak Kasad yakni Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara yang mengandung pengertian bahwa Kasad Bapak Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman adalah merupakan sosok pimpinan yang sangat kuat dan berpengaruh, penuh wibawa, memiliki integritas yang tinggi dalam membina dan membangun solidaritas para prajurit. Bertindak cepat dan tegas dalam menghadapi ancaman dan gangguan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah daratan Indonesia.

Perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton yang diwakili oleh La Ode Muhammad Arsal, menitip pesan agar kiranya Bapak Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman senantiasa tetap menjaga marwah Eks Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau dimanapun berada.

Usai dianugerahi gelar kehormatan adat tersebut, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sultra dan Sultan Buton serta seluruh perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton atas kepercayaan yang luar biasa kepada dirinya untuk menyandang gelar Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya dan amanah ini, gelar ini akan kami jaga,” Ucap Kasad.

(red-st) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.