Ketua Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata Silaturahmi di Kediaman Raja Gowa ke-38

0

GOWA – Ketua Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata, yang diwakili oleh Wakil Dewan Adat Andi Massappeary SH.,M.Hum, bersama rombongan berkunjung di kediaman Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang di Perum BTN Sejahtera Permai Jalan Mangka Dg Bombong Kelurahan Bonto-bontoa Kecamatan Somba opu Kabupaten Gowa, Selasa(07/3/2023).

Dalam kunjungannya, Wakil Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata, Andi Massappeary Krg. Tutu Mewakili Ketua Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata ,H.Muhammad Idrus Krg. Biraeng didampingi oleh beberapa keluarga besar Kerajaan antara lain, Muhammad Arung Opu Krg. Pangali Patta Raja dan Andi Tenri Umpu Krg. Opu.

Kunjungan silaturahmi atau anjangsana tersebut dilakukan selain sebagai bentuk silaturahmi juga dalam rangka meminta dukungan dan memperkuat hubungan persaudaraan antara Kerajaan Gantarang Lalangbata dengan Kerajaan Buton Sulawesi Tenggara.

Kehadiran Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata dan rombongan disambut langsung oleh Raja Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang.

Andi Kumala Idjo mengucapkan rasa senang atas kunjungan yang dilakukan Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata Selayar yang tak lain Adalah keluarga Besar Kerajaan Gowa.

“Kunjungan kita ini adalah bagian dari silaturahmi dengan Raja Gowa, kami juga meminta dukungan penuh dari Raja/Karaeng atas penguatan legalitas forum Silaturahim Kerajaan Gantarang Lalangbata Dan Kerajaan Buton yang akan disatukan dalam wadah FSAKA – RKGB- SULAWESI (Forum Silaturrahim Adat Keluarga Besar Rumpun Kerajaan Gantarang Lalangbata Dan Kerajaan Buton, dengan tujuan mulia salahsatunya untuk melestarikan cagar budaya sehingga tidak punah, “ujar Andi Massappeary.

Dalam Silaturrahim Wakil Dewan Adat Kerajaan Gantarang Lalangbata, Raja Gowa Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembangparang Batara Gowa III menuturkan bahwa Kerajaan Gantarang Lalangbata adalah bagian dari Kerajaan Gowa, Raja Gantarang Lalangbata, Sultan Pangali Patta Raja adalah cucu dari Raja Gowa Biraengta Karaeng Lembangparang demikian pula dengan Kerajaan buton memiliki hubungan yang kuat dengan Kerajaan Gowa.

“Saya sangat mendukung, ikatan Silaturrahim Kerajaan Gantarang Lalangbata Dan Kerajaan Buton, “ungkap Raja Gowa.

*/red

Leave A Reply

Your email address will not be published.