Wakili Pangdam XIV/Hsn, Irdam Ikuti Rakorsus Karhutla 2023 Melalui Vicon

0

MAKASSAR – Irdam XIV/Hasannuddin Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos., mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin, didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin mengikuti Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Secara Vicon tentang Pembahasan Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2023, bertempat di Ruang Vicon Puskodal Makodam, Kota Makassar. Jumat (20/1/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), TNI, POLRI, kementerian/lembaga lainnya, merupakan tindak lanjut hasil dari penelitian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa pada tahun 2023 kondisi cuaca akan lebih kering daripada tahun 2022 dan memungkinkan meningkatnya potensi terjadi Karhutla.

Dalam sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mohammad Mahfud Md, menyatakan bahwa pada bulan Mei dan September diperkirakan akan menjadi puncak terjadinya musim kemarau pada tahun 2023 ini. Ia pun meminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Saya minta kepada kementrian dan lembaga, kepada Panglima TNI dan Kapolri, kepala daerah, Pangdam, Danrem, Kapolda, stakeholder dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, saling bahu membahu dalam upaya dalam penanggulangan Karhutla sesuai dengan amanat Perpres no. 3 Tahun 2020,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Mahfud MD, juga berterima kasih atas kerja keras kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam upaya menekan potensi Karhutla yang berjalan baik selama 4 tahun terakhir sehingga tidak terjadinya asap lintas batas serta juga telah turut menyukseskan pelaksanaan G-20 dan menurunnya gangguan lainnya yang diakibatkan Karhutla.

Red-st-Rusmankio

Leave A Reply

Your email address will not be published.