Liburan Sekolah Tiba, Ini Wisata Kuliner Jogja yang Legendaris hingga Kekinian: Bisa Jadi Rekomendasi Wisatawan

Gudeg Yu Djum, salah satu wisata kuliner legendaris Jogja. Foto: instagram @masakjajan.

JOGJAASIK-Jogja memang salah satu destinasi wisata favorit bagi para pelancong. Banyak tempat wisata terkenal mulai dari yang menghibur hingga mengedukasi. Tak heran kalau Jogja selalu dipadati wisatawan setiap musim liburan tiba.

Selain tempat wisata hiburan, kamu juga wajib mencoba wisata kuliner Jogja.
Ada banyak makanan serta minuman yang patut kamu cicip mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Jogja juga dikenal dengan harga makanan yang murah meriah, jadi jangan khawatir kantong jebol.
Nah, untuk menikmati kuliner di Jogja, berikut 10 rekomendasi kuliner Jogja dari yang legendaris hingga kekinian seperti dikutip dari akun Youtube Best 10ID.

  1. Gudeg Yu Djum
    Jogja memang terkenal dengan kuliner gudegnya salah satu yang paling terkenal dan legendaris adalah Yu Djum. Perintis rumah makan ini adalah ibu Juariah yang biasa dipanggil Yu Djum. Nah, gudeg Yu Djum sendiri sudah ada di Jogja sejak 1950-an. Kamu bisa membeli gudeg ini untuk langsung disantap di sana maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir karena Gudeg Yu Djum sendiri memiliki banyak outlet.
  2. Gudeg Pawon
    Kuliner gudeg di Jogja memang tidak ada matinya dan banyak pilihan. Gudeg Pawon bisa menjadi salah satu pilihan di antara rumah makan gudeg yang terkenal legendaris. Uniknya kamu bisa menengok langsung ke dapur tempat pembuatan gudeg.
  3. Bakmi Jawa Pak Rebo
    Tak jauh dari kawasan alun-alun Utara Yogyakarta ada satu warung bakmi jawa enak yang bisa kamu kunjungi. Nama tempatnya ialah Bakmi Jawa Pak Rebo. Lokasi tepatnya ada di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Mergangsan kota Yogyakarta. Di sini kamu bisa memesan aneka menu bakmi Jawa dengan kecap atau tanpa kecap.
  4. Angkringan Lik Man
    Angkringan ini spesial menyediakan menu kopi yang tak biasa yakni kopi Joss kopi yang di atasnya ditaruh arang masih panas membara. Meski cukup anti-mainstream, namun menu minuman ini terkenal dan banyak peminatnya. Angkringan Lik Man bukan mulai dari sore hari.
  5. Mie Ayam Tumini
    Rekomendasi kuliner Jogja yang tidak kalah lezat berikutnya adalah mie ayam Bu Tumini. Mie ayam ini adalah mie ayam terenak di Jogja dan kamu bisa menikmati sajian mi ayam yang lembut dengan kuah dan campuran ayam gurih menggugah selera. Satu porsi mie ayam Bu Tumini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp10.000 saja. Mie ayam Bu Tumini ada di daerah Umbulharjo. Warung ini biasanya buka pukul 10 pagi hingga pukul lima sore.*

The post Liburan Sekolah Tiba, Ini Wisata Kuliner Jogja yang Legendaris hingga Kekinian: Bisa Jadi Rekomendasi Wisatawan first appeared on Rekomendasi Wisata & Usaha Jogja 2024.