Apel Gelar Pasukan Ops Terpusat “Lilin 2022” Polres Palopo

SulawesiTerkini.com– Palopo, Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Palopo Lakukan Apel Gelar pasukan dalam rangka operasi kepolisian terpusat “Lilin 2022” yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Palopo Kompol H. Ridwan, SH di depan Mako Polres Palopo, Kamis (22/12/2022) pagi ini.

Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2022 ini juga dihadiri oleh Walikota Palopo Drs. H. Judas Amir SH., MH, Kasdim 1403 Palopo Mayor Inf. Suparman, Kajari Palopo yang diwakili oleh Kasi Intel Yanto Musa, S.H, Kasatpol PP Kota Palopo Andi Farid, Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kota Palopo, Kepala Jasa Raharja Kota Palopo, Kepala penanggulangan Bencana Alam Palopo, Kepala UPTD JA dan Kepala Senkom H. Basuki. Rahman.

Apel Gelar Pasukan tersebut diawali dengan Pemeriksaan Pasukan yang dipimpin langsung oleh Walikota Palopo dengan didampingi oleh Wakapolres Palopo sebagai Pemimpin Apel dengan dilanjutkan penyematan tanda pita Operasi Lilin Tahun 2022 kepada setiap perwakilan pada pos lilin secara simbolis.

Personil apel terdiri dari 5 (Lima) Regu Personil Polres Palopo, 1 (satu) regu Personil Kodim 1403 Palopo, 1 (satu) regu Personil Sub Den Pom VII Hasanuddin, 1 (satu) regu Personil Satpol PP Kota Palopo, 1 (satu) regu Personil Dinas Perhubungan Kota Palopo dan 1 (satu) regu Personil Senkom Kota Palopo.

Perencanaan pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2022 di Kota Palopo ini akan dilaksanakan selama 11 hari yang dimulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

Amanat tertulis Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibacakan, Wakapolres Palopo mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana, dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Kompol H. Ridwan, SH mengungkapkan bahwa “Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 merupakan momentum yang ditunggu oleh warga disetiap penghujung Tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan oleh masyarakat Nasrani melalui kegiatan ibadah Natal dan secara menyeluruh perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan meningkatnya mobilitas masyarakat dan aktifitas pada pusat keramaian”.

“Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, oleh sebab itu kegiatan yang akan dilakukan dalam Ops Lilin 2022 ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman” jelasnya

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, professional dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, tanamkan niat dalam diri apa yang kita lakukan” sambungnya

Usai Apel Gelar Pasukan, dilakukan pemusnahan barang bukti minuman keras (Miras) hasil operasi pekat Tahun 2022 oleh Wakapolres Palopo Kompol H. Ridwan didampingi Forkopimda Kota Palopo.

Adapun barang bukti hasil Ops Pekat Lipu 2022 yaitu :
– 9 Jerigen Ballo isi 22 Liter
– 4 Jerigen Ballo isi 10 liter
– 18 Botol Anggur merah dan
– 20 Botol Bir Angker

(*red)