Pangdam Hasanuddin: Lari Pagi Lanjut Sidak ke Kodim 1408/Makassar

SulawesiTerkini.com– Makassar, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., didampingi beberapa anggota, kembali mengawali tugasnya dengan jogging menuju kantor yang berada di Jl. Urip Sumoharjo Kota Makassar. Senin (26/12/2022).

Hal tak terduga dilakukan oleh orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini, dimana jogging dengan melalui rute perkantoran jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang berada di Kota Makassar salah satunya adalah Kodim 1408/Makassar. Saat melintas di depan pintu gerbang Kodim 1408/Makassar, Mayjen Totok langsung berbelok arah memasuki Markas Kodim 1408/Makassar dan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara tiba-tiba.

Kedatangan Pangdam pun langsung disambut oleh para prajurit yang bertugas pada saat itu. Pihaknya langsung melakukan sidak dengan mengecek satu persatu personel, materiil dan kondisi satuan.

Namun para prajurit yang bertugas di pos penjagaan dan yang berada di area perkantoran tak kaget dengan kedatangan Jenderal bintang dua ini, karena sebagai seorang prajurit sudah selayaknya selalu siap sedia dalam melaksanakan tugas dan hal ini akan memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas.

Sidak yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat dan mengecek langsung kesiapsiagaan dan kesiapan personel maupun satuan dalam melaksanakan tugas.

Pada kesempatan ini, Mayjen Totok memberikan arahan singkat agar personel yang melaksanakan Jaga supaya menyesuaikan protap yang ada dan memasang, slogan 6K di penjagaan, memahami dan melaksanakannya dengan baik. Selain itu Pangdam mengajak untuk selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri maupun di lingkungan kerja.

Di akhir arahannya, Pangdam menekankan kepada para Perwira untuk selalu mengingatkan anggota, terkait kesiapan satuan dan kebersihan pangkalan serta selalu monitor perkembangan situasi di lingkungan tugas masing-masing dengan melaporkan pada kesempatan pertama.

Usai memberikan arahan Mayjen Totok mengecek bioflok yang merupakan program ketahanan pangan milik Kodim, selanjutnya meneruskan jogging sambil melihat serta memantau aktivitas pagi masyarakat dan kondisi wilayah Kota Makassar.

Menurut Mayjen Totok, lari pagi atau jogging di pagi hari menuju ke kantor sudah biasa dilakukan, selain menjaga kebugaran tubuh hal ini dapat memotivasi para prajuritnya untuk berolahraga pagi sekaligus memantau dan melihat langsung aktivitas pagi masyarakat dan kondisi wilayah sekitar.

(*red)