Ditlantas Polda Sulsel Gelar Latpraops Operasi Zebra Pallawa 2023

MAKASSAR – Ditlantas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan personel, menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Pallawa 2023 yang diselenggarakan di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel, Rabu (30/08/23).

Tujuan Operasi Zebra Pallawa 2023 adalah, tercapainya penurunan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas (lakalantas), menurunnya fatalitas korban lakalantas, dan upaya meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sedang target Operasi Zebra ini adalah, terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas atau Kamseltibcarlantas, serta meminimalisir jumlah pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Latpraops dipimpin oleh Kabag Bin Ops Ro Ops Polda Sulsel, AKBP Sabil Umar, S.I.K mewakili Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Pol Bambang Widjanarko, S.I.K., M.Si. Sedangkan Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Dr. I Made Agus Prasatya, S.I.K., M.Hum diwakili Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Dr. Masaluddin, S.H, M.H.

Kegiatan Operasi Zebra Pallawa 2023 dilaksanakan serentak selama 14 hari mulai tanggal 4 September sampai dengan 17 September 2023 mendatang.

Selama tahun 2023 Ditlantas Polda Sulsel dan jajaran telah melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas, juga upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum lalu lintas yang transparan dan humanis.

Untuk Operasi Zebra Pallawa 2023, Ditlantas Polda Sulsel memprioritaskan penegakan hukum melalui sistem ETLE atau electronic traffic law enforcement, tidak lagi melakukan tilang manual. Untuk Operasi di lapangan para personel dalam melakukan penindakan pelanggaran tidak lagi secara manual tetapi dengan sistem ETLE, yakni menggunakan ETLE Mobile on Board dan ETLE Mobile Handheld.

Dalam pengarahannya, Karo Ops Polda Sulsel mengharapkan, agar para petugas di lapangan mengantisipasi dan melaksanakan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi rawan macet, pelanggaran dan rawan lakalantas. Selain itu, juga perlunya memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas, serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Operasi Zebra Pallawa 2023 di seluruh wilayah Provinsi Sulsel ini mengedepankan fungsi lalu lintas, baik di tingkat Polda maupun Polres jajaran yang di dukung tugas operasional kepolisian lainnya guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap tata tertib dan peraturan lalu lintas.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Latpraops ini, para peserta memperoleh gambaran tentang apa yang menjadi tugas pokoknya serta memahami langkah-langkah dalam pelaksanaan operasi, hingga pada akhirnya dapat mensukseskan penggelaran operasi Zebra Pallawa 2023,” ujarnya.

 

*/red-kio