Pangdam XIV/Hsn, Transformasi Peradaban Ekonomi Dorong Peningkatan Ekonomi Wilayah

MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., menghadiri dan memberikan ceramah pada Seminar Nasional Call For Ideas “Akselerasi Ekonomi (Aksinomi) Sulampua” Tahun 2023, bertempat di Nusantara Hall, The Rinra Hotel, Kota Makassar. Kamis (31/08/2023)

Kegiatan Seminar Nasional Call For Ideas Aksinomi Sulampua (Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat) ini sebagai Wujud Penguatan Peran Wilayah Sulampua sebagai mitra pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dengan topik pembahasan Hilirisasi Pertanian dan Perikanan, Pariwisata, Pengembangan UMKM serta Logistik dan Konektivitas.

Mantan Gubernur Akmil ini mengatakan bahwa pada dasarnya TNI, Polri, Kementerian Negara, Pemerintah Daerah, Provinsi dan Perbankan juga sama-sama melaksanakan Program Pemerintah untuk membantu pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur.

Selain itu, Ia menjelaskan bahwa kondisi di wilayah IKN kalau berjuang sendiri sangat berat. Artinya kontribusi, sinergi dan akselerasi sangat dibutuhkan dan bagaimana menyesuaikan Program pemerintah yang sudah dikeluarkan oleh Presiden RI. “Kebetulan saya pada tahun 2018 saya tergabung dalam pogja tentang IKN, dan saya sudah 3 kali hadir langsung di IKN untuk melihat pembangunan di sana”, Bebernya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pertahanan keamanan dapat menunjang akselerasi ekonomi Sulampua. Dalam hal ini transformasi peradaban ekonomi yang berkeadilan cocok untuk mendorong peningkatan ekonomi di wilayah yang dilakukan dengan bersinergi bersama stakeholder yang lain, yang tidak hanya bertumpu ekonomi dari pulau Jawa saja.

“Sekali lagi saya sangat mengapresiasi rencana aksionasi di IKN ini, mudah-mudahan dapat menghasilkan suatu ide yang bagus untuk disampaikan pada pimpinan serta menambah kualitas Pokja dalam membangun IKN”, Tandasnya.

“Kita ketahui bahwa di wilayah IKN sukunya banyak, bermacam-macam, sehingga peradaban kita bangun dan ekonomi mereka kita tinggikan, kalau mereka sejahtera dan bahagia, saya yakin mereka akan mendukung program pembangunan IKN, di sinilah ekonomi berperan penting dalam membantu kelancaran dan ketepatan waktu membangun IKN”, Tutup lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini.

 

*/red-kio