Personil Polresta Mamuju Kembali Gelar Program Rutin Binrohtal

MAMUJU – Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personilnya Polresta Mamuju polda Sulbar bersama Casis Polri dan warga sekitar melaksanakan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal), Kamis (31/8/2023) malam

Binrohtal bagi yang beragama Islam di laksanakan di Masjid Hidayatul Irsyad yang dihadiri oleh Kapolresta Mamuju Kombes pol Iskandar dan bagi agama nasrani di laksanakan di Gedung Aula Wira Satya Polresta Mamuju.
Binrohtal tersebut dirangkaikan dengan kegiatan program Jumat curhat dan diadakan dengan tema Jadikan Binrohtal ini sebagai ajang silaturahmi dan jadikan Tugas Sebagai Ladang Pahala dalam tema tersebut mengandung pesan agar sesama anggota bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan, saat melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan sehari hari yang selalu dilandasi dengan hati yang ikhlas.

Kapolresta mamuju Kombes pol Iskandar menyampaikan, Polresta Mamuju rutin melakukan binrohtal dengan mengundang para pemuka agama untuk memberikan tausiah agar kwalitas keimanan dan ketaqwaan personil dan casis makin meningkat, sehingga saat melaksanakan tugas selalu berpedoman dengan ajaran agama dan aturan yang berlaku.

Kegiatan keagamaan tersebut di harapkan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, guna membekali personil dalam pelaksanaan tugas agar selalu bersikap dan berbuat baik sesuai dengan aturan. Lanjutnya

Adapun binrohtal bagi umat muslim di laksanakan di Masjid Hidayatul Irsyad diawali dengan sholat Magrib kemudian tadarus alquran dan ceramah diakhiri dengan doa bersama Ustadz Mahyuddin.

Pembahasan singkat Ustadz mengatakan bahwa orang yang beriman selain melaksanakan dengan ikhlas shalat Fardhu juga laksanakan sunah rasul dengan membaca Al Quran agar mendapat keselamatan dan ketenangan dunia akhirat.

Selanjutnya, Pahami dengan baik konsep hablum minannas dan hablum minallah, yang mana Hablum Minannas adalah konsep di mana individu manusia menjaga hubungan baik dengan individu atau kelompok manusia lainnya. Secara sederhana sedangkan Hablum Minallah adalah hubungan yang baik kepada Allah SWT

Sedangkan binrohtal umat kristiani dalam pelaksanaan ibadah mengambil Nas Khotbah dari Injil visi seorang hamba Tuhan agar senantiasa sesama rekan kerja atau sejawat selalu menjalin tali kasih untuk ketenangan dunia akhirat .

“Kegiatan Binrohtal bertujuan mendekatkan diri kepada Sang pencipta, sehingga membentuk karakter personil Polresta Mamuju menjadi lebih baik sebagai bekal dalam melaksanakan tugas,” Tutup Kapolresta Mamuju Kombes Pol Iskandar.

 

Sumber: Humas Polresta Mamuju

*/red-kio