Polres Gowa Gelar Pelatihan Teknik Kepolisian Guna Memastikan Keamanan Pemilu 2024

GOWA – Polres Gowa melalui Satuan Intelkam mengadakan pelatihan teknik Kepolisian, guna mempersiapkan langkah-langkah keamanan yang efektif, Dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang digelar di Aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa, Rabu (09/08/2023).

Dalam pelatihan yang berlangsung hari ini, dipimpin Wakapolres Gowa KOMPOL Soma Mihardja didampingi Kasat Intelkam AKP Abdi Nur yang diikuti Satuan Intelakam, Kanit Intelkam Polsek jajaran, dilatih untuk mengasah keterampilan teknis dalam pengamanan dan penanganan situasi kritis.

Beberapa materi yang disampaikan meliputi taktik penanganan massa, deteksi dini ancaman keamanan, serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menghadapi potensi gangguan kamtibmas.

Wakapolres Gowa KOMPOL Soma Mihardja, mengungkapkan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari komitmen kepolisian dalam menjamin pelaksanaan Pemilu yang aman dan tertib.

“Kami berusaha untuk mempersiapkan anggota kami dengan pengetahuan dan keterampilan terbaru dalam rangka menghadapi situasi yang mungkin timbul selama masa kampanye dan pemungutan suara,” kata Wakapolres.

Dalam pelatihan ini, para peserta juga diajak untuk memahami prinsip-prinsip hak asasi manusia dan penanganan konflik secara proporsional. Di tengah gencarnya kampanye politik dan semakin kompleksnya lingkungan informasi di era digital, kemampuan anggota kepolisian dalam memahami dan menangani isu sensitif sangatlah penting.

Wakapolres Gowa juga berharap bahwa melalui pelatihan ini, anggota kepolisian, khususnya Satintelkam akan lebih siap dan kompeten dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024.

“Dengan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak terkait, diharapkan proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan damai bagi masyarakat Kabupaten Gowa dan sekitarnya,”kata Wakapolres.

 

 

 

 

Humas Polres Gowa

*/red-kio