Sambut HUT ke-78 TNI AL Tahun 2023, Lantamal VI Gelar Prokasih di Kali Pantai Bosowa

MAKASSAR – TNI AL, Lantamal VI, 05 September 2023. Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AL Tahun 2023 , Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) dengan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang kali sekitar Pantai Bosowa Jl Metro Tanjung Bunga Makassar, Selasa pagi (05/09/2023).

Dalam kegiatan ini, Lantamal VI Makassar menurunkan ratusan personelnya yang dibantu warga . Secara gotong royong, personel Lantamal VI bersama warga menyisir sepanjang kali untuk memungut sampah yang bertebaran di kali sekitar Pantai Bosowa.

Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto, S.E., M.Tr.Opsla menjelaskan, kegiatan Prokasih dilaksanakan serentak 78 titik diseluruh Indonesia di masing-masing wilayah. Untuk di Makassar di pusatkan di kali sekitar Pantai Bosowa.

“Kegiatan ini kami pusatkan di kali sekitar Pantai Bosowa dengan melibatkan ratusan personel Lantamal VI, TNI-Polri Makassar , Korcab VI DJA II , warga sekitar serta relawan ” jelasnya,

Komandan Lantamal VI berharap aksi Prokasih ini dapat menangani permasalahan sampah kali. Pengendalian pencemaran di kali , terutama sampah plastik. ” aksi bersih-bersih sampah ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL untuk menjaga keindahan, kebersihan dan keberlangsungan ekosistem yang ada di kali agar tidak tercemar sampah sekaligus memperingati HUT ke-78 TNI AL ” , Pungkasnya

Di waktu dan tempat yang sama juga dilaksanakan penanaman pohon dan vicon secara serentak dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali tentang pencanangan kegiatan Program Kali Bersih Nasional yang mengambil Tema Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lantamal VI, Ketua Korcab VI DJA II, Wadan Lantamal VI, Pejabat Utama Lantamal VI, Dansatdik-2, Dandimtabes 1408BS dan sejumlah pejabat unsur maritim Makassar serta sejumlah undangan.

 

Sumber: #tnial_lantamalvi

*/red-kio