Kadisdik Sulsel Resmikan “Proyek Bangunan Retak” di SMAN 21 Makassar

Kadisdik Sulsel Resmikan "Proyek Bangunan Retak" di SMAN 21 Makassar
Kadisdik Sulsel Resmikan "Proyek Bangunan Retak" di SMAN 21 Makassar

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, H Iqbal Nadjamuddin didampingi Kabid SMA Harpansa, meresmikan beberapa bangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan di SMAN 21 Makassar, Jumat (08/03/2024). Namun sangat disayangkan, bangunan yang telah diresmikan ini, ada beberapa bangunan yang sudah retak sebelum digunakan, demikian diungkap Dian Resky Sevianti, Ketua Divisi Monitoring Dan Evaluasi L-KONTAK.

Resky menguraikan, diantaranya yakni pembangunan Laboratorium Komputer, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan Toilet. Dimana hal ini berpotensi menjadi lahan subur tumbuhnya dugaan praktik korupsi, karena akibat besarnya alokasi anggaran senilai Rp. 1.094.358.600,- serta lemahnya pengawasan dari Dinas terkait sehingga bangunan tersebut telah mengalami keretakan pada beberapa bahagian bangunan, demikian langsiran dari Fakta Delik.

Jika hal ini benar adanya, tentunya sangat disayangkan, mengingat anggaran yang digunakan relatif tidak sedikit. Selain itu, juga akan mengacu pada tingkat keselamatan siswa-siswi di SMAN 21 saat belajar dan menggunakan gedung tersebut. Dalam artian, diperlukan pengkajian ulang tentang layak tidaknya gedung tersebut digunakan apalagi sudah diresmikan tanpa terlebih dahulu meneliti ulang kondisi terkini dari proyek pembangunan sekolah tersebut. Dan ini, merupakan bentuk pencegahan awal guna meminimalisir terjadinya hal yang tidak kita inginkan, seperti tembok yang nantinya tiba-tiba roboh akibat dari pembangunan gedung yang diragukan kualitasnya, jika melihat kondisinya sekarang yang sudah retak. | Admin