Gelar Operasi Zebra, Kapolda Sulbar: Siap Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Kondusif

SULBAR – Mulai hari ini, Senin (4/9/23) hingga dua pekan ke depan, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat akan menggelar operasi Zebra Marano 2023 dengan visi mewujudkan kamseltibcarlantas yang kondusif.

Untuk mewujudkan visi tersebut, selama pelaksanaan operasi para petugas kepolisian akan menindak para pelanggar lalu lintas dengan tujuh sasaran utama yaitu :
1. Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI atau safety belut
2. Pengendara yang melawan arus
3. Pengendara dibawah umur
4. Berkendara sambil bermain handphone
5. Berkendara dalam keadaan mabuk
6. Berboncengan tiga atau lebih
7. Over dimention over load

Operasi zebra ini ditandai dengan pelaksanaan apel gelar pasukan Dan penyamatan pita tanda operasi dengan mengangkat tema “dengan semangat Malaqbi kita wujudkan kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024”.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar dalam amanatnya menyebutkan operasi zebra memiliki tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Berdasarkan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang angkutan jalan, kata Kapolda kita diamanahkan untuk mewujudkan dan memelihara kamseltibcarlantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Empat amanah tersebut merupakan hal yang kompleks yang tentunya tidak bisa ditangani Polri sendiri namun harus ada sinergi antara pemangku kepentingan yang menjadi dasar untuk menemukan akar masalah dan memberikan solusi, tutur Kapolda.

Intinya kata Kapolda, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan nantinya akan memberikan pembelajaran dan pemahaman bahwa keselamatan dalam berlalu lintas adalah hal yang utama.

Sebagai informasi, berdasarkan data operasi Zebra sebelumnya angka kecelakaan sebanyak 28 kejadian dengan korban meninggal dunia 4 orang, luka berat 1 orang, luka ringan 30 orang dan kerugian materil sebanyak Rp. 117.350.000.

Dari data tersebut, Kapolda berharap seluruh instansi terkait dapat melakukan langkah dan upaya nyata guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi Zebra kali ini, tutup Kapolda.

Apel gelar pasukan yang berlangsung di lapangan Tribrata Mapolda ini juga di hadiri Wakapolda Brigjen Pol Rachmat Pamudji beserta para pejabat utama Mapolda, Kadis Pendidikan Provinsi, Kadis PU Provinsi, Kadishub Provinsi, Kasatpol Provinsi, Dandim Mamuju, Danlanal Mamuju, Kadispora Mamuju, Kadishub Mamuju, Kasatpol PP Mamuju.

Diakhir kegiatan, para tamu undangan juga dihibur dengan konten video edukasi berlalu lintas yang baik dan benar yang menjadi upaya nyata mewujudkan kesadaran dan disiplin berkendara masyarakat.

 

Sumber: Humas Polda Sulbar

*/red-kio